Sabtu, 28 Juli 2012

MERANCANG TAMAN YANG BAIK

Bagaimana cara merancang taman rumah yang baik...??? Berikut adalah beberapa hal yang penting untuk diingat :


1. KENYAMANAN
Apapun yang menjadi trend taman saat ini, jika tidak memberikan kenyamanan untuk anda, sebaiknya tidak perlu diikuti. Contohnya, sekarang ini pohon kamboja dan beringin banyak dicari. Namun jika Anda merasa dengan adanya pohon kamboja seperti berada di pemakaman, tidak perlu memaksakan diri untuk mengikuti tren taman saat ini, jika tidak memberikan kenyamanan untuk anda, sebaiknya tidak perlu diikuti.


Perancang Taman harus berupaya untuk membuat pemilik tidak merasa takut dirumah. Ketakutan akan kemalingan, pada takhayul tentang tanaman-tanaman besar seperti kamboja, beringin dan lain-lain dan juga ketakutan akan dampak fengshui/semacamnya.


2. KESEIMBANGAN DESIGN
Kita perlu memperhatikan fungsi tanaman selain dari nilai estetikanya. Beberapa tanaman sering dijadikan obat dan bumbu. Nah, posisi taman dengan tumbuhan ini harus mudah dicapai. "Jika ingin mengambil cabai,pastikan pohon cabai ini mudah diakses dan dekat dengan dapur" kata arsitek lansekap.


3. KEBUTUHAN KESEHATAN
Tumbuhan diyakini dapat melembutkan suasana sebuah ruang. Sudut-sudut yang kosong di halaman rumah jika diisi dengan pot bertanaman membuat area sekitarnya lebih sehat, dan otomatis membuat kita lebih segar. Ini pernah terbukti di sebuah kamar rumah sakit di jakarta. Bahwa kamar pasien dengan percantikan tanaman membuat sang pasien jauh lebih cepat sembuh dibandingkan dengan kamar pasien yang tertutup dinding putih saja.


4. KARAKTER
Taman sebaiknya bisa dinikmati kapan saja, hal ini berkaitan dengan pemilihan karakter tanaman yang tepat. Contohnya, didinding belakang rumah sebaiknya ada tanaman/pohon yang sejajar dengan pandangan mata.


5. PERCANTIKAN
Tujuan Taman Rumah adalah mempercantik Rumah Anda. Ciptakanlah Taman dengan tanaman yang bisa memperindah hunian. Percantikan taman biasanya berjalan bersamaan dengan percantikan bangunan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar